Kajianberita.com
Beranda Headline Golkar Medan Daftarkan Bacaleg ke KPU, Nama ketua Komisi 3 Afri Rizki Lubis Hilang, Akibat Dendam Elit ?

Golkar Medan Daftarkan Bacaleg ke KPU, Nama ketua Komisi 3 Afri Rizki Lubis Hilang, Akibat Dendam Elit ?

ketua Komisi 3 DPRD Muhammad Afri Rizki Lubis terbuang dari daftar Bacaleg Golkar

Ada hal menarik  terpantau wartawan saat Partai Golkar mendaftarkan nama-nama bakal calon anggota legislative (Bacaleg) nya untuk wilayah Kota Medan. Ternyata nama  anggota DPRD Muhammad Afri Rizki Lubis tidak masuk dalam daftar itu.

Padahal Muhammad Afri Rizki Lubis adalah sosok politisi yang meraup suara cukup banyak pada Pemilu 2019 lalu. Ia merupakan putra dari H.M Syaf Lubis, mantan Ketua AMPI Sumut sekaligus Ketua Golkar Medan periode lalu.   Dengan tidak masuknya Afri Rizki Lubis dalam daftar bacaleg, berarti  ia dipastikan tidak akan bertarung  memperebutkan kursi anggota DPRD Medan periode mendatang.

Tentu saja hal ini menimbulkan pertanyaan masyarakat, sebab Afri Rizki Lubis sebelumnya merupakan salah satu politisi muda yang dibanggakan Golkar. Sebagai anggota DPRD Medan, saat ini Afri Rizki Lubis duduk sebagai ketua Komisi 3 membidangi  Pemerintahan dan Hukum.

Kuat dugaan kalau terbuangkanya nama Afri Rizki Lubis tidak lepas dari persaingan di dalam tubuh Golkar sendiri. Pasalnya, pengurus Golkar Medan  saat itu tidak memiliki pandangan politik dengan pengurus sebelumnya yang berada di bawah kepemimpinan Syaf Lubis, ayah Rizki Lubis.

Penggusuran posisi Syah Lubis sebagai Ketua Golkar Medan juga terkait erat dengan adanya persaingan elit di tubuh partai itu.   Dengan tergusurnya Syaf Lubis dari jabatan Ketua, dampaknya berpengaruh pada posisi politisi anaknya Muhammad Afri Rizki Lubis.

Bukan rahasia lagi, sejak Golkar Sumut dipimpin oleh Musa Rajekshan alias Ijek, ia telah melakukan pembersihkan kepada figur-figur yang dianggap tidak sejalan dengannya.

Syaf Lubis adalah sosok yang tidak sejalan dengan Ijeck. Ijeck punya latar belakang Pemuda Pancasila, sedangkan Syaf Lubis kental dengan ormas AMPI. Setelah terpilih sebagai ketua Golkar Sumut, Ijeck lantas menggeser posisi ketua Golkar dari Syah Lubis kepada  sepupunya, Rahmaddian Shah.

Perlahan tapi pasti, pengaruh Syaf Lubis  di Golkar juga disapu bersih. Boleh jadi hal ini yang membuat nama  Afri Rizki Lubis turut tersingkir dari daftar Bacaleg Golkar Medan.

Pada Pemilu DPRD Medan 2019, Afri Rizki Lubis berada di daerah pemilihan (Dapil) 5 meliputi wilayah  Medan Johor, Medan Maimun,  Medan Polonia,  Medan Selayang,  Medan Sunggal dan  Medan Tuntungan. Dari 12 kursi yang diperebutkan di Dapil itu,  Afri Rizki Lubis satu-satunya yang terpilih dari partai Golkar.

Menanggapi tidak masuknya nama Afri Rizki Lubis, Wakil Ketua DPD Kota Medan Zulchairi Pahlawan mengatakan, berkar pendaftaran bacaleg atas nama Afri Rizki Lubis memang tidak masuk ke partai itu.

“berkasnya tidak ada, jadi tidak kita proses dan tidak didaftarkan ke KPU,” kata Zulchairi.

Dengan demikian, dari empat  Incombent anggota DPRD Medan dari Partai Golkar yang maju kembali pada kontestasi Pileg 2024-2024, hanya Rizki Lubis yang tidak masuk daftar. Sedangkan tiga nama lainnya, yakni  Mulia Asri Rambe (Bayek), Modesta Marpaung dan M Rizky Nugraha tetap masuk bersama sejumlah nama lainnya.

Belum ada komentar langsung Afri Rizki Lubis dan juga ayahnya Syaf Lubis menanggapi hal ini. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan