Kajianberita.com
Beranda Lifestyle Wow, akan Muncul Li-Fi yang Bakal Menggantikan Wi-Fi, Bagaimana Cara Kerjanya?

Wow, akan Muncul Li-Fi yang Bakal Menggantikan Wi-Fi, Bagaimana Cara Kerjanya?

Wi-Fi menjadi teknologi transfer data yang sudah familiar digunakan oleh banyak orang saat ini. Namun seiring dengan perkembangan teknologi yang berjalan begitu cepat, kehadiran Wi-Fi bakal tergeser oleh Li-Fi. Apa itu Li-Fi dan bagaimana cara kerjanya?

Bagi sebagian orang mungkin masih asing dengan istilah Li-Fi. Li-Fi digadang-gadang sebagai teknologi baru jaringan nirkabel yang bakal menggantikan Wi-Fi. Teknologi ini kelebihan dan keunggulan dibandingkan dengan Wi-Fi sebagai media transfer data. Oleh karena itu, Anda perlu tahu apa itu Li-Fi dan kelebihannya.

Apa Itu Li-Fi?

Light Fidelity (Li-Fi) merupakan teknologi jaringan nirkabel yang berfungsi sebagai media pengantar atau transfer data. Meski kegunaannya sama seperti Wi-Fi, namun Li-Fi jauh lebih canggih dan memiliki sejumlah keunggulan. Teknologi baru ini merupakan hasil percobaan yang dilakukan oleh University College dan Oxford University.

Teknologi Li-Fi sebenarnya sudah didemonstrasikan sejak tahun 2012. Li-Fi sudah berhasil diterapkan pada sepasang smartphone Casio di acara Consumer Electronics Show di Las Vegas pada waktu itu. Teknologi ini menghadirkan kecepatan berkali lipat lebih tinggi dari Wi-Fi. Li-Fi dirancang sebagai media transfer data berbasis cahaya secara nirkabel.

Berbeda dengan teknologi Wi-Fi yang melakukan transfer data menggunakan gelombang elektromagnetik pada frekuensi radio. Li-Fi mentransfer data memanfaatkan cahaya dari lampu LED. Teknologi Li-Fi dilengkapi dengan chip yang memodulasi cahaya untuk transmisi data optik.

Cara Kerja Li-Fi

Sebagaimana yang sudah disampaikan di atas, Li-Fi melakukan transfer data dengan memanfaatkan cahaya. Untuk dapat menjalankan Li-Fi, dibutuhkan dua sumber cahaya yang terpasang pada masing-masing perangkat.

Sumber cahaya yang bisa digunakan untuk Li-Fi adalah detektor foto (Light Sensor) dan LED. Saat cahaya LED nyala, maka cahaya sensor pada ujung perangkat lain akan menangkap dan mendeteksi sebagai biner 1. Jumlah cahaya yang terdapat di LED akan mengirimkan pesan yang ditangkap oleh detektor cahaya di perangkat lainnya.

Lampu LED yang dilengkapi dengan teknologi Li-Fi akan memancarkan sinyal dengan memodulasi intensitas cahayanya yang mencapai kecepatan puluhan ribu variasi per detik. Transmisi pulsa cahaya terjadi di antara Titik Akses (pemancar), yang biasanya diletakkan di langit-langit guna memaksimalkan jangkauan berkas cahaya, dan Dongle (penerima) yang terhubung ke perangkat seperti smartphone, komputer, atau tablet.

Teknologi Li-Fi menjadi pengantar data yang lebih baik dibanding Wi-Fi karena transmisinya berjalan sangat cepat. Tingginya kecepatan transmisi Li-Fi disebabkan adanya LED yang merupakan semikonduktor dengan sifat berbeda dari jenis lampu lainnya. LED dapat berganti status menjadi nyala dan mati hanya dalam waktu beberapa nanodetik atau miliar detik. Apabila dikonversikan dalam kecepatan data, nanodetik sama atau setara dengan 1 Gbits/s, yang berarti 10 kali lipat lebih cepat dari Wi-Fi yang hanya mampu mentransfer data 100 Mbits/s.

Kelebihan Li-Fi Dibandingkan Wi-Fi

Hadir sebagai inovasi teknologi jaringan nirkabel terbaru, Li-Fi menawarkan sejumlah kelebihan. Berikut keuntungan yang akan Anda dapatkan jika nanti menggunakan Li-Fi.

Lebih Aman dari Peretasan

Teknologi Li-Fi disebut jauh lebih aman dari peretasan dibandingkan Wi-Fi. Proses transfer data pada LiFi tetap terbatas pada area yang ditentukan sehingga bisa menjaga data-data sensitif dan terhindar dari kejahatan siber.

Konektivitas Lebih Cepat dan Lebih Stabil

Li-Fi mampu melakukan transfer data dengan sangat cepat dengan kecepatan konektivitas mencapai 1 Gbps.  Li-Fi memberikan konektivitas yang bersifat konsisten sehingga pengguna dapat mengakses dan memanfaatkan data secara lebih stabil.

Aman bagi Kesehatan

Teknologi Li-Fi hadir tanpa polusi frekuensi radio sehingga tidak berdampak pada kesehatan.

Demikianlah ulasan mengenai apa itu Li-Fi, cara kerja, dan kelebihannya dibandingkan Wi-Fi. Li-Fi bakal menjadi inovasi dalam dunia telekomunikasi seiring dengan perkembangan teknologi digital yang berlangsung cepat.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional. (reuter)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan