Kajianberita.com
Beranda Sumut Sebagai Tuan Rumah, Sumut akan Kirim Kontingen Terbanyak Pada PON 2024

Sebagai Tuan Rumah, Sumut akan Kirim Kontingen Terbanyak Pada PON 2024

Rapat Kerja KONI Sumut tahun 2024 di Hotel Grand Mercure, Medan, Sabtu (3/2/2024). Sumut menjadi kontingen terbesar di PON XXI Aceh-Sumut 2024

Sumatera Utara menjadi kontingen terbanyak di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 Saat ini Sumatra Utara memiliki 1.119 atlet yang mengikuti pemusatan latihan daerah (Pelatda) dalam persiapan menghadapi even olahraga akbar tanah air tersebut. Mereka semua akan diikutkan dalam berbagai kompetisi yang ada di PON nanti.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut, John Ismadi Lubis di rapat kerja KONI Sumut tahun 2024, Sabtu (3/2/2024).

“Sejak 1 Januari 2024, sebanyak 1.119 atlet sudah melakukan Pelatda,dan ditambah pelatih 226 orang. Sehingga total seluruhnya menjadi 1.345 orang. Kita kontingen terbanyak di susul DKI Jakarta dan Jawa Barat,” kata John Ismadi Lubis dalam keterangan rilisnya yang diterima Kajianberita.com, Minggu (4/2/2024).

Ia mengatakan, anggaran yang disiapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut terhadap KONI di tahun ini, cukup untuk menyelenggarakan program-program yang sudah disusun. Hal ini bertujuan agar target yang telah ditentukan bisa dicapai.

“Dalam menyusun program-program ini, kami bercita-cita agar Sumut mendapat prestasi yang diinginkan pada PON 2024 nanti. Kami berharap anggaran yang disiap bisa mencukupi. Mengingat kita sebagai tuan tumah dan kontingen terbesar,” ucapnya.

Sementara itu, Penjabat (PJ) Gubernur Sumatra Utara, Hassanudin yang turut hadir di rapat kerja KONI itu, meminta kepada KONI Sumut agar terus meningkat pembinaan terhadap atlet.

Tak hanya itu, ia juga menyarankan, supaya KONI kembali merestrukturisasi Pengurus Provinsi (Pengprov) Cabang Olahraga (Cabor) yang vakum. Hal ini bertujuan agar melahirkan atlet-atlet berkualitas di Sumatra Utara.

“Saat ini masih banyak Pengprov cabor yang vakum dan kurangnya perhatian pada pembinaan dan pengembangan atlet. Hal inj harus menjadi perhatian KONI Sumut dalam membina dan merestrukturisasi Pengprov yang vakum,” ucap Hassanudin.

Selain itu, ia juga meminta kepada KONI Sumut agar terus fokus pada kesiapan para atlet dan persiapan penyelenggaraan PON 2024. Menurutnya, dengan persiapan yang matang, maka Sumut bisa memenuhi target yang telah ditentukan.

“Saya harap program kerja yang di hasilkan bisa menunjang semua kebutuhan kita. Sehingga menghasilkan atlet yang memumpuni untuk jangka panjang dan di PON untuk jangka pendek. Minimal berada di posisi lima besar,” ungkapnya.

Dengan demikian, ia menekankan kepada seluruh organisasi dan stakeholder terkait agar menyatukan tekad dan kerja sama dalam menyukseskan PON 2024. Apalagi menurutnya, PON 2024 akan digelar di dua provinsi. Sehingga dibutuhkan komunikasi dan koordinasi yang kuat.

“Terus bekerja keras, bahu-membahu, mendukung, dan menyukseskan PON 2024. Sehingga dengan suksesnya PON kali ini, akan mengukir sejarah baik kepada anak dan cucuk kita kelak,” pungkasnya. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan