Kajianberita.com
Beranda Headline Jokowi ke Sumut Besok untuk Resmikan Jalan Tol dan Berikan Bantuan, Waspadai Kampanye Terselubung

Jokowi ke Sumut Besok untuk Resmikan Jalan Tol dan Berikan Bantuan, Waspadai Kampanye Terselubung

Presiden Joko Widodo rencananya besok Rabu (7/2/2024) akan berkunjung ke Sumut untuk meresmikan jalan tol dan menyerahkan bantuan. Warga perlu memastikan bantuan itu tidak terkait dengan kampanye terselubung

Sumber Kajianberita.com di Kodam Bukit-Barisan dan Kantor Gubernur Sumut membenarkan bahwa Presiden Joko Widodo akan berkunjung ke Sumatera Utara Rabu besok 7 Februari 2024. Rencananya, Jokowi akan meresmikan penggunaan jalan Tol Limapuluh dan memberikan bantuan Permodalan Nasional Madani (PNM)  Mekar di Lapangan Limapuluh, Batubara kepada 4.500 warga.

Setelah membagikan sembako, Jokowi dikabarkan berkunjung  ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kumpulan Pane, Kota Tebingtinggi. Belum dipastikan apa saja yang akan dilakukan Jokowi saat mengunjungi rumah sakit itu.

Sebelumnya, Kapendam I Bukit Barisan, Kolonel Rico J Siagian, telah membenarkan soal kabar kedatangan Presiden tersebut. Namun, ia belum mengetahui pasti dalam rangka apa kedatangan presiden besok ke Sumatra Utara.

“Benar bahwa kita mendapat info begitu. Makanya sejak kemarin kita sudah rapat persiapan,” kata Kolonel Rico J Siagian.

Dilihat dari akun Instagram Poldasumaterautara, ratusan personel gabungan dari TNI dan Polri menggelar apel di lapangan benteng, Kota Medan dalam rangka pengamanan kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Hj. Iriana Joko Widodo di Sumatera Utara.

Apel pasukan itu pun dihadiri langsung oleh Kapolda Sumut, Irjen pol Agung Imam Setya Effendi dan Pangdam I Bukit Barisan, Mayjend TNI Mochammad Hasan Hasibuan.

Sementara itu  PT Hutama Karya selalu pengelola ruas jalan tol  Limapulih, Batubara, saat ini terus melakukan persiapan di lolasi yang akan dikunjungi Jokowi di daerah itu. Sekretaris PT Hutama Karya,   Tjahjo Purnomo menjelaskan kalau untuk sementara jalan tol itu ditutup guna memastikan persiapan acara besok berjalan lancar. Penutupan itu, kata Tajhjo, sebagai langkah penyempurnaan sistem transaksi.

“Dengan melakukan perawatan pada mesin jalan tol, PT Hutama Karya akan menutup sementara gerbang tol Limapuluh di Jalan Inderapura – Kisaran mulai Selasa hingga Rabu pukul 23.59 wib,” kata Tjahjo Purnomo, Senin (5/2/2024).

Ia meminta maaf kepada seluruh pengguna jalan tol, dan ia juga menghimbau agar pengguna jalan tol yang melintas diharapkan untuk menghindari masuk gerbang tol Limapuluh.

Ruas Tol Indrapura – Limapuluh yang rencananya akan diresmikan Presiden Jokowi besok. Untuk sementara pada hari ini jalan tol ditutup sebagai langkah persiapan peresmian besok

Serahkan Bantuan

Salah satu kegiatan Jokowi di Sumut besok adalah membagikan bantuan permodalan Nasional Madani (PNM) Mekar kepada 4.500 warga Sumut yang  kegiatanya di pusatkan di Lapangan Limapuluh, Batubara. Bantuan PNM Mekar merupakan dukungan pemerintah bagi masyarakat yang ingin mengembangkan usaha UMKM. Jumlah bantuan ini beragam, mulai Rp 2 juta hingga Rp 10 juta.

Untuk seluruh Indonesia, saat itu tercatat hampir 15 juta warga yang telah menerima bantuan PBM Mekar ini. Jokowi sangat yakin program bantuan ini sangat membantu rakyat dalam mengembangkan usahanya.

Meski demikian, banyak yang mewanti-wanti kalau pemberian bantuan itu akan diwarnai dengan kampanye terselubung untuk mendukung pasangan  calon presiden dan wakil presiden tertentu. Apalagi sudah menjadi  rahasia umum kalau Jokowi berpihak kepada salah satu pasangan calon, khususnya Prabowo-Gibran.

Masalah bantuan dari Pemerintah yang disampaikan menjelang Pemilu telahmenjadi bahasan penting dalam debat presiden beberapa hari lalu. Banyak yang melihat kalau Pemerintah kerap menjadikan bantuan itu sebagai alat kampanye utnuk mendukung kandidat tertentu di Pilpres.

Oleh karena itu, masyarakat perlu memantau pemberian bantuan yang disampaikan Jokowi besok. Jangan sampai ada indikasi adanya kampanye terselubung dalam pemberian bantuan itu. Bantuan PNM Mekar bukan dari Jokowi pribadi, tapi merupakan program dari Pemerintah.  (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan