Kajianberita.com
Beranda Headline Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting Wafat karena Serangan Jantung

Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting Wafat karena Serangan Jantung

Baskami Ginting, Ketua DPRD Sumut yang wafat siang ini Rabu (7/2/2024) di Medan setelah terlebih dahulu pingsan di ruang kerjanya di DPRD Sumut

Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting meninggal dunia pada Rabu siang (7/2/2024). Kabar duka itu cepat beredar luas di masyarakat melalui berbagai jaringan media social. Sampai siang  tadi, jenazah Baskami Ginting  masih disemayamkan di Rumah Sakit Siloam. Baru sekitar  opukul 17.00 sore harinya jenazah di bawa ke rumah duka di Jalan Setia Budi, Medan.

Pj Gubernur Sumut, Pangdam Iskandar Muda, dan sejumlah pejabat daerah lainnya turut dalam iring-iringan mengantar jenazah tersebut ke rumah duka dari rumah sakit.

Belum dipastikan penyakit yang menyebabkan meninggalnya politisi PDIP Sumut itu. Diduga ia mengalami serangan jantung.

Berdasarkan pesan yang beredar, ia mengalami pingsan saat berada di ruang kerjanya di DPRD Sumut. Para sahabat dan ajudan langsung melarikannya ke rumah Sakit Siloam yang berjarak sekitar 200 meter dari kantor DPRD Sumut.

“Setelah dilakukan berbagai upaya, namun Tuhan berkata lain, Beliau sudah mendahului kita semua, mohon maaf atas segala kekhilafan,” bunyi pesan yang beredar tersebut.

Kabar meninggalnya Baskami Ginting  kemudian disebarkan melalui Instagram Humas DPRD Sumut @humasdprdsumut yang  memposting gambar turut berduka cita atas meninggalnya Baskami Ginting, Ketua DPRD Sumut.

Postingan dibumbuhi caption, Keluarga besar DPRD Provinsi Sumatera Utara mengucapkan “Turut Berduka Cita yang sedalam-dalamnya atas Wafatnya Drs BASKAMI GINTING Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara (Fraksi Partai PDI PERJUANGAN). “Semoga keluarga yang di tinggalkan diberi ketabahan dan keikhlasan.”

Baskami Ginting lahir pada 14 Desember 1959, merupakan seorang politisi dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan yang menjabat sebagai Ketua DPRD Sumut periode 2019-2024.

Pada 2010, Baskami Ginting juga pernah maju pada Pilkada untuk maju sebagai  Calon Wakil Wali Kota Binjai mendampingi Zefri Januar Pribadi. Pasangan ini maju bersama delapan pasangan calon lainnya untuk memperebutkan 173.662 suara. Namun mereka kalah bersaing melawan pasangan Muhammad Idaham-Timbas Tarigan.

Pada 2019 Baskami memutuskan focus maju merebut kursi DPRD Sumut di mana ia memperoleh suara yang cukup besar sehingga diangkat sebagai Ketua DPRD Sumut. Baskami sendiri merupakan politisi  yang cukup senior di PDIP Sumut.

Pada Pemilu 2024 ini Baskami sejatinya kembali maju untuk merebut kursi DPRD Sumut. Namun rencana itu pupus sudah dengan adanya kabar duka ini.

Di mata teman-temannya, Baskami merupakan politisi yang sangat loyal  kepada Megawati.  Ketua DPD PDIP Sumut Rapidin Simbolon mengatakan kalau Baskami merupakan salah satu kader terbaik partai itu.

“Kami sangat berduka dan terkejut mendengar kabar tiba-tiba Baskami berpulang (meninggal dunia). Kami sangat terpukul,” kata Rapidin, Rabu (7/2).

Belum ada kabar pasti kapan jenazah Baskami akan  dimakamkan. Keluarga masih akan melakukan pertemuan internal setelah jenazah di bawa ke rumah di Jalan Setia Budi, Medan.  (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan