Kajianberita.com
Beranda Headline Belangnya Mulai Terbongkar, Jokowi Bermohon bisa Bertemu Megawati, Sultan Diminta sebagai Mediator

Belangnya Mulai Terbongkar, Jokowi Bermohon bisa Bertemu Megawati, Sultan Diminta sebagai Mediator

Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan HB X seusai melakukan pertemuan di Keraton Yogyakarta beberaoa waktu lalu.

Setelah mengkhianati Megawati, kini Presiden Joko Widodo  mulai sadar bahwa belangnya mulai terbongkar ke publik. Ia pun merasa semakin tersudutkan. Oleh karena itu, diam-diam Jokowi berharap bisa bertemu dengan Megawati dalam waktu dekat ini untuk meminta maaf.

Untuk bisa bertemu Megawati, Jokowi sudah meminta agar  Sultan DI Yogyakarta yang Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X berperan sebagai mediator. Ia berharap dengan adanya peran mediasi dari Sultan, Jokowi bisa menetralisir berbagai pandangan yang selama ini beredar tentang dirinya.

Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X membenarkan adanya permintaan dari Jokowi itu. Sultan menyebut semua keputusan ada di tangan Jokowi.

“Betul, saya diminta untu jadi mediator. Tapi saya kan nunggu Presiden, kan saya akan menjembatani (tapi) ya terserah Presiden, itu aja,” jelas Sultan, Senin (12/2/2024).

“Ya nunggu, kalau emang Presiden memerlukan saya bersedia, kan hanya itu. Kalau nggak ya nggak apa-apa, udah itu aja,” ujar Sultan menambahkan.

Sultan mengatakan, dalam hal ini Ia mengaku akan bersikap pasif. Soal jadi atau tidaknya pertemuan Jokowi dengan Megawati, Sultan berpendapat tergantung inisiatif dari Jokowi. Namun, Sultan mengaku tak keberatan jika diminta secara langsung oleh Jokowi untuk menjadi fasilitator pertemuan antara keduanya.

“Berarti kan bukan saya yang mengambil inisiatif to, yang ambil inisiatif kan Bapak Presiden sendiri. Ya terserah Bapak Presiden, mau perlu ketemu Mbak Mega yang mau saya fasilitasi ndak, kan gitu,” ujar Sultan.

“Kalau bisa ketemu sendiri kan ya syukur, tapi kalau saya kan sifatnya pasif. Ya kalau Presiden ndak ‘tolong mbok saya dianter’ misalnya gitu, nggak ada ya nggak to. Ya terserah Bapak Presiden sendiri. Saya kan pasif, bukan ngoyak-oyak (mengejar),” pungkas Sultan.

Sejauh ini Megawati belum memberi respon apapun soal keinginan Jokowi untuk dertemu dnegannya. Beberapa orang dekat Megawati menyebutkan, permintaan Jokowi itu sulit untuk diterima pada saat ini. Kecuali jika nanti Ganjar yang terpilih sebagai presiden.  (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan