Kajianberita.com
Beranda Headline Quick Count: Prabowo-Gibran Unggul Secara Nasional, Anies Hanya Dominan di Aceh dan Sumbar

Quick Count: Prabowo-Gibran Unggul Secara Nasional, Anies Hanya Dominan di Aceh dan Sumbar

Data perolehan perhitungan cepat Pemilu 2024 sampai pukul 18.15 wib hari Rabu (14/2/2024) menunjukkan kalau peroleh suara untuk pasangan nomor 2 Prabowo-Gibran unggul jauh dibanding dua kandidat lainnya. Pasangan itu memperoleh sekitar 59 persen, sedangkan pasangan nomor 1 Anies-Muhaimin memperoleh 23,9 persen, adapun pasangan nomor 3 Ganjar- Mahfud mendapatkan 17,03 suara.

Data yang masuk menurut lembaga survei sudah 85 persen. Namun data itu dianggap sudah cukup stabil dan tidak akan mengalami banyak pergeseran. Berdasarkan data itu, maka menurut perhitungan secara quick count, Prabowo-Gibran unggul telak dalam Pemilu ini.

Adapun perhitungan resminya masih menunggu sistem realcount dari KPU Pusat yang membutuhkan waktu paling lama pada 20 Maret 2024.

Banyak pengamat menilai perhitungan secara quick count ini tidak akan jauh berbeda dengan hasil perhitungan real count KPU. Meski demikian, hasil pastinya harus ditunggu perhitungan resmi KPU.

Kemenangan suara  untuk Prabowo terlihat menyebar di seluruh wilayah Indonesia. pasangan ini unggul hampir di semua provinsi di Indonesia. bahkan mereka juga meraih suara terbanyak di wilayah-wilayah yang selama ini dikenal sebagai sarang banteng, seperti di Jawa Tengah dan Bali.

Provinsi Jawa Timur yang selama ini dikenal sebagai basis PKB juga berhasil dikuasai oleh Prabowo-Giibran.

Sejauh ini hanya dua provinsi yang tidak bisa dikuasai oleh Prabowo-Gibran,  yakni Aceh dan Sumatera Barat. Dua wilayah itu dikuasai oleh Anies.

Di Aceh, pasangan Anies -Muhaimin memperoleh suara 77,64 persen sedangkan Prabowo-Gibran mendapatkan 20,14 persen. Adapun pasangan Ganjar -Mahfud meraih suara 2,22 persen. Sedangkan di Sumatera Barat, pasangan Anie-Muhaimin memperoleh suara 59.14 persen,  Prabowo-Gibran mendapatkan 37,77 persen, dan pasangan Ganjar -Mahfud meraih suara 3,09 persen.

Adapun di Sumatera Utara, kalau sebelumnya banyak yang memperkirakan pasangan Anies-Muhaimin akan dominan di daerah ini, tapi menurut quick count, dominasi Prabowo -Gibran masih jauh lebih unggul. Pasangan yang didukung penguasa ini memperoleh suara 59.4 persen, sedangkan pasangan Ganjar – Mahfud  sebanyak 12,14 persen. Anies dan Muhaimin mendapatkan suara di urutan kedua, yakni 28,37 persen.

Berdasarkan data quick count ini, apa boleh buat, harapan Ketua Tim Kampanye Daerah AMIN wilayah Sumut Edy Rahmayadi yang berharap pasangan calon nomor 1 memperoleh suara terbanyak di Sumut,  tidak dapat terwujud. (*)

 

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan