Kajianberita.com
Beranda Headline Bobby Tak Mampu Atasi Banjir Rob Belawan, PMK Janji Bangun Tangki Penampung Air

Bobby Tak Mampu Atasi Banjir Rob Belawan, PMK Janji Bangun Tangki Penampung Air

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy bersama Bobby Nasution bertemu masyarakat Belawan

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Muhadjir Effendy menjanjikan membangun tangki penampungan air di Kelurahan Belawan Bahari, Medan Belawan. Tangki penampungan air itu, selain untuk menyediakan kebutuhan air bagi masyarakat Belawan, juga untuk mengatasi banjir rob yang  terus mengancam kawasan itu.

Walikota Medan Bobby Nasution sebelumnya pernah berjanji akan berupaya untuk mengatasi banjir itu. Saat kampanye Pilkada 2020, Bobby bahkan meyakinkan masyarakat Belawan, kalau ia terpilih, maka banjir rob akan segera diatasi.

Namun janji tinggal janji. Nyatanya setelah terpilih, Bobby seakan tidak peduli dengan kondisi kemiskininan ekstrim yang terjadi di Belawan. Banjir rob sampai sekarang masih terus mengintai kawasan itu. Bukan hanya banjir banjir Belawan, ancaman banjir di Kota Medan pun tidak sanggup ditangani Bobby.

Pada akhirnya Bobby sudah menyampaikan permohonan maaf atas ketidakmampuannya itu. Ia sadar bahwa saat kampanye yang lalu, ia terlalu banyak menebar janji yang tidak mampu dijalankan. Beruntungnya, Bobby mendapat dukungan dari pemerintah pusat karena Presiden Joko Widodo adalah mertuanya.

Dana dari APBN diturunkan untuk membantu menangani masalah di Medan, termasuk penanganan banjir rob dan kemiskinan ekstrim di Kawasan Belawan. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Muhadjir Effendy mesti harus turun ke Belawan untuk mengatasi hal itu karena Bobby sudah tidak mampu.

Dalam kunjungannya pada Sabtu (17/2/2024) Muhajir menjanjikan berbagai program untuk masyarakat Belawan, salah satunya pembangunan tangki air.

“Nantinya di kawasan ini akan dibangun tangki penampungan air bersih agar dimanfaatkan warga untuk kebutuhan sehari-hari,” kata Muhadjir didampingi Pj Gubernur Sumut Hassanudin dan Wali Kota Medan Bobby Nasution dikutip dari ANTARA, Minggu, 18 Februari.

Selain itu, janji Muhadjir, akan dilakukan perbaikan rumah warga yang kondisinya tidak layak huni dalam berdialog bersama warga Kelurahan Belawan Bahari.

Dia menjelaskan, penataan kawasan dilakukan sebagai upaya untuk menekankan kemiskinan ekstrem di Kelurahan Belawan Bahari melalui pendekatan lingkungan.

Penataan kawasan yang dilakukan ini atas kolaborasi Pemkot Medan bersama Kemenko PMK dan kementerian terkait lain menjadikan kehidupan warga lebih baik dan sehat. Meliputi sejumlah aspek, di antaranya saluran drainase dan normalisasi drainase, konstruksi air bersih, dan tempat pengolahan sampah reduce-reuse-recycle (TPS3R).

Kemudian pengerjaan jalan paving block, vegetasi, lampu jalan, ruang terbuka hijau, penjemuran ikan, penataan rumah non-eligible dan pembangunan prasarana pengendalian banjir rob.

Diketahui, Kelurahan Belawan Bahari merupakan salah satu kawasan paling utara Kota Medan dan menjadi langganan banjir rob setiap bulan yang kerap menerpa permukiman penduduk.

“Nanti akan kita perbaiki rumah-rumah yang tidak layak. Bahkan, juga akan dibangun rusun agar masyarakat kita di sini bisa hidup lebih baik, lingkungan lebih sehat dan nyaman. Pesan kami, kalau nanti ini sudah selesai, mohon dijaga dan dirawat serta dipelihara kebersihannya,” kata Muhadjir.​

​​​​Usai berdialog, Muhadjir bersama Hassanudin dan Bobby Nasution menyerahkan bantuan pangan cadangan pangan pemerintah berupa beras 10 kilogram kepada perwakilan warga di halaman kantor Kelurahan Belawan Bahari.

Mereka juga menyempatkan diri meninjau lokasi penanganan kemiskinan ekstrem di Lingkungan VIII, Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan.

Ada dua rumah yang telah diperbaiki ditinjau, yakni milik Jasmi dan Roslina. Kedua warga ini mengucapkan terima kasih atas perhatian yang telah diberikan pemerintah. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan