Kajianberita.com
Beranda Headline Suara Golkar Naik Signifikan, Gerindra Menjerit, Ini Daftar Perolehan Kursi Partai di DPRD Sumut

Suara Golkar Naik Signifikan, Gerindra Menjerit, Ini Daftar Perolehan Kursi Partai di DPRD Sumut

Ada tiga partai yang diperkirakan mengalami peningkatan dalam raihan kursi di DPRD Sumut hasil Pileg 2024. Ketiga partai itu adalah Golkar, PDIP dan PAN. Dari ketiganya, Golkar  paling menonjol, karena perolehannya diperkirakan meningkat dari 15 kursi pada Pemilu 2018 menjadi 28 kursi pada Pemilu 2024 ini. Dengan demikian bisa dipastikan kalau kursi ketua DPRD Sumut bakal dipegang oleh politisi Golkar.

Kenaikan cukup besar juga dinikmati PDIP yang diperkirakan bakal sukses mendapatkan 25 kursi pada Pemilu 2024, naik dari sebelumnya yang hanya mendapatkan 19 kursi. Meski demikian, PDIP harus melepaskan jabatan ketua DPRD Sumut ke tangan Golkar karena kalah dalam perolehan suara. Setidaknya PDIP masih tetap mendapat jatah wakil ketua DPRD Sumut.

Satu partai lagi yang kemungkinan bakal mendapat kursi tambahan adalah PAN. Pada Pemilu lima tahun lalu partai ini memiliki 8 kursi di DPRD Sumut. Dalam lima tahun ke depan partai itu bisa memiliki 9 kursi, atau ada tambahan satu kursi.

Sementara partai-partai lainnya mengalami penurunan dukungan. Gerindra Sumut merupakan partai yang kehilangan kursi  paling banyak di DPRD Sumut, dari 15 kursi pada Pemilu 2018 menjadi 8 kursi pada Pemilu 2024. Situasi ini menjadi  gambaran anomaly Gerindra, sebab di satu sisi mereka berhasil mengusung  Prabowo Subianto unggul telak dalam pemilihan calon presiden di Sumatera Utara. Anehnya, kursi mereka di DPRD Sumut justru berkurang.

Partai Demokrat Sumut tidak kalah mirisnya. Target partai ini untuk menambah kursi di DPRD Sumut dari 9 menjadi 16 kursi ternyata gagal total. Bukannya bertambah, perolehan partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono ini di Sumut berkurang sebanyak 3 kursi sehingga hanya tersisa 6 kursi hasil Pemilu 2024.

Lebih mengejutkan lagi, sejumlah pengurus elit partai itu gagal melangkah ke rumah rakyat. Ketua DPD Demokrat Sumut Lokot Nasution gagal meraih kursi DPR RI. Begitu juga dengan Sekjen DPD Demokrat Sumut Yudha Johansyah yang tersok-seok di Dapil Sumut 2 untuk mendapatkan kursi DPRD Sumut.

Yudha sejauh ini hanya memperoleh  186 suara, berada di bawah rekanya sesama partai, yakni Burhanuddin Sitepu yang mendapat 465 suara. Dari Dapil Sumut 2 ini, Caleg Demokrat sama sekali tidak mampu bersaing dengan caleg dari partai lainnya.

Partai lain yang mengalami pengurangan kursi adalah Hanura, dari 6 kursi kemungkinan turun menjadi 4 kursi.  Begitu juga dengan PPP yang bakal kehilangan 1 kursi dari dua kursi yang mereka dapatkan pada Pemilu lalu.

Di antara lima partai baru yang ikut bersaing pada Pemilu kali ini, Partai Gelora berpeluang mengirimkan satu calegnya  duduk di DPRD Sumut, yakni  Khairul Anuwar  dari Dapil Sumut 12 meliputi Kabupaten Langkat dan Binjai. Namun posisi Khairul Anuwar masih cukup berpeluang digeser kandidat lain di bawahnya  karena perolehan suaranya berada pada 10 besar yang terakhir.

Berikut ini komposisi kursi di DPRD Sumut berdasarkan real count KPU sampai Sabtu (24/2/2024).

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan