Kajianberita.com
Beranda Headline Sukses Dongkrak Suara Golkar, Airlangga Tegaskan Usung Ijeck Maju Pilkada Gubernur Sumut 2024

Sukses Dongkrak Suara Golkar, Airlangga Tegaskan Usung Ijeck Maju Pilkada Gubernur Sumut 2024

Musa Rajekshah alias Ijeck bersama Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto

DPP Partai Golkar sudah memberikan surat tugas kepada Musa Rajekshah untuk maju sebagai calon gubernur Sumut pada Pilkada Serentak 2024. Surat tugas itu diberikan karena Musa Rajekshah  alias Ijeck sebagai Ketua Golkar Sumut telah sukses memimpin Partai Golkar memperoleh kursi Golkar di provinsi dan di DPR RI melonjak signifikan.

“Surat penugasan itu pun sudah diberikan,” kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat memberi sambutan pada acara Peluncuran dan Bedah Buku: Jalan Tengah Golongan Karya di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Senin (26/2).

Airlangga mengatakan, jumlah kursi parlemen dari daerah pemilihan Sumut diprediksi naik berdasarkan penghitungannya sehingga wajar jika Ijeck menjadi calon gubernur Sumut.

“Ini Sumatera Utara, jadi kursi Sumatera Utara semua naik dobel,” katanya.

Airlangga mengatakan, kenaikan perolehan kursi Partai Golkar menjadi kunci bagi partai berlambang pohon beringin untuk bisa berlari kencang pada Pemilu 2024. Menurutnya, siapa pun yang ingin menjadi gubernur harus terlebih dahulu maju sebagai calon anggota legislatif. Perolehan suara Musa Rajekshah yang maju sebagai caleg DPR RI sementara ini unggul, sehingga dinilai layak maju di Pilkada Sumut 2024.

“Kalau suaranya tinggi, baru kita kasih. Kalau belum ya terpaksa on the way dulu, dalam perjalanan,” kata Airlangga.  Nyatanya, perolehan suara Ijeck dan Golkar Sumut melonjak tajam sehingga Golkar semakin yakin kalau Ijeck adalah sosok yang tepat untuk diajukan sebagai Gubernur Sumut pada Pilkada mendatang.

Berdasarkan data real count KPU RI per Senin (26/2) sore pukul 15.00 WIB, di Dapil Sumut I perolehan suara Partai Golkar menduduki peringkat pertama, yakni sebesar 19,53 persen. Di dapil tersebut, caleg DPR RI dari Partai Golkar Musa Rajekshah mendapatkan perolehan suara 30.332.

Perolehan suara Musa Rajekshah menempati posisi teratas di antara caleg DPR RI dari Partai Golkar di Dapil Sumut I, di atas Meutya Hafid yang mendapatkan 29.471 suara.

Ijeck  merupakan mantan Wakil Gubernur Sumut yang mendampingi Edy Rahmayadi pada periode 2018 hingga 2023. Pilkada Serentak 2024 untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota di seluruh Indonesia dijadwalkan berlangsung pada 27 November 2024, sesuai hasil kesepakatan Komisi II DPR RI bersama pemerintah dan penyelenggara pemilu.

Tadinya Golkar memang agak ragu untuk mengusung Ijeck Karena belum melihat dukungan suara masyarakat Sumut untuk sosok politisi itu. Lagipula baru periode ini Ijeck mencalonkan sebagai anggota parlemen.  Makanya Golkar sempat menyiapkan calon lain, yakni Bobby nasution untuk maju pada Pilkada Gubernur Sumut mendatang.

Namun melihat prestasi yang mengkilap Golkar sumut pada Pemilu ini, Airlangga sudah memutuskan kalau yang mereka usung adalah Ijeck. Sementara Bobby kemungkinan akan tetap bersaing di Pilkada walikota Medan atau bisa juga ia bakal ditarik sebagai menteri.

Jika kelak maju pada Pilkada Sumut, maka sah Ijeck akan bersaing dengan Edy Rahmayadi Mencuat kabar kalau Edy akan didukung oleh partai dari barisan Koalisi Perubahan, yakni Nasdem, PKB dan PKS.

Sementara peluang wakapolri Komjen (pol) Agus Andrianto ikut bersaing pada Pilkada Gubernur Sumut mulai kabur karena ia juga disebut-sebut menjadi bagian yang mendukung pemerintahan Prabowo. PDIP yang sempat digadang-gadang bakal mendukung Agus Andianto kabarnya mulai berpikir ulang. (*)

 

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan