Kajianberita.com
Beranda Headline Perolehan Suara 11 Anggota DPR RI Asal Sumut Ini Masih Seret, Terancam Hengkang Dari Senayan

Perolehan Suara 11 Anggota DPR RI Asal Sumut Ini Masih Seret, Terancam Hengkang Dari Senayan

Romo HR Muhammad Syaf’ii, anggota DPR RI petahana dari Gerindra Sumut yang berpeluang kehilangan kursi di Senayan

Perhitungan suara sistem real count yang dilakukan KPU masih berjalan sampai saat ini. Hingga Senin siang (26/2/2024) sudah sekitar 60 persen data TPS yang masuk sehingga caleg yang berpeluang menang sudah dapat terbaca. Dari posisi yang ada, diperkirakan ada 11 anggota DPR RI petahana yang berpeluang tersingkir dari persaingan dalam mendapatkan kursi.

Beberapa di antara mereka bisa dikategorikan sebagai tokoh nasional. Sebut saja misalnya Djarot Syaiful Hidayat yang menjabat sebagai salah satu ketua DPP PDIP. Djarot sendiri pernah menjabat Ketua DPD PDIP Sumut dan pernah pula maju mencalonkan diri pada pemilihan Gubernur Sumut 2018 lalu.

Djarot yang maju dari Dapil Sumut 3 terlihat masih sulit mendulang suara. Dari 10 kuota kursi DPR RI dari Dapil Sumut 3, Djarot sejauh ini baru berada di urutan ke 15 dengan perolehan 22.933 suara, tertingal jauh dibanding koleganya Junimart Girsang yang telah mendulang  28.982 suara.

Jika perolehan suara Djarot tidak meningkat signifikan dalam beberapa hari ke depan, maka peluang Djarot mempertahankan kursi di DPR RI akan gagal.

Selain Djarot,  politisi PDIP lainnya yang terancam hengkang dari senayan adalah Trimedya Pandjaitan  yang selama ini sangat vocal berbicara tentang hukum. Trimedya yang maju bersaing di Dapil Sumut II baru mengumpulkan  19.819 suara, atau berada pada posisi ke 11 terbanyak peraih suara.

Posisi Trimedya  satu tingkat di bawah rekanya sesama politisi PDIP yang ada di urutan 10, yakni  Sihar Sitorus  yang sejauh ini sudah mengumpulkan 20.834 suara.

Tokoh nasional lain yang terancam kehilangan kursi  adalah Romo Muhammad Syafii, salah satu petinggi DPP Gerindra. Dalam dua kali Pemilu sebelumnya, Romo selalu sukses mendapat dukungan masyarakat Sumut sehingga ia dikenal sebagai wakil Sumut yang bersuara di gedung Senayan.  Namun kali ini Romo berpeluang besar untuk gagal mempertahankan kursinya karena perolehan suaranya masih seret.

Sejauh ini Romo Muhammad Syafii baru mengumpulkan 6,847 suara, tertinggal jauh dibanding rekannya sesama politisi Gerindra, Ade Jona Prasetyo yang kokoh dengan 20.519 suara.

Tokoh Melayu Djohar Arifin yang juga politisi Gerindra termasuk yang terancam kehilangan kursi DPR RI karena perolehan suaranya tertinggal jauh di banding para caleg yang berada pada posisi 10 besar. Djohar Arifin Husin baru mendapatkan  14.338 suara, atau berada pada urutan 18 di Dapil Sumut III.

Yang paling deg-degan adalah PKS, sebab tiga anggota DPR RI petahana dari partai mereka terancam kehilangan kursi. Ketiganya adalah Hidayatullah (Dapil Sumut I), Iskan Qalba Lubis (Dapil Sumut II) dan Ansyori Siregar (Dapil Sumut III).

Dari Partai Demokrat  ada  dua anggota DPR petahana yang posisinya kritis, yakni Hendrik Sitompul (Dapil Sumut 1) dan Ongku Hasibuan (Dapil Sumut II).

Adapun politisi PKB yang berpotensi kehilangan kursi adalah Marwan Dasopang (Dapil Sumut II). Posisi Marwan di DPR RI akan digantikan rekannya Ashari Tambunan yang cukup unggul dalam perolehan suara untuk PKB di Dapil Sumut I.

Sedangkan politisi PAN Sumut yang terancam kehilangan kursi dari Senayan adalah Mulfachri Harahap.

Berikut ini daftar anggota DPR RI petahana yang terancam keluar dari Gedung Senayan

Sumut I

  • Hidayatullah (PKS ) 10.515 suara
  • Hendrik Sitompul (Demokrat) 9.810 suara
  • Mulfachri Harahap (PAN) 8.103 suara
  • Romo Muhammad Syafii suara (Gerindra) 6.847 suara

Sumut II

  • Trymedia Pandjaitan (PDIP) 19.819 suara
  • Marwan Dasopang (PKB) 16.213 suara
  • Iskan Qalba Lubis (PKS) 13.264 suara
  • Ongku Hasibuan (Demokrat) 12.117 suara

Sumut III

  • Ansory Siregar (PKS) 24.664 suara
  • Djarot Syaiful Hidayah (PDIP) 22.933 suara
  • Djohar Arifin Husin (Gerindra) 14.338 suara

 

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan