Kajianberita.com
Beranda Headline Pj Gubernur Sumut Pimpin Lap Parade F1 Powerboat, Jonas Anderson Juara di Kelas Sprint

Pj Gubernur Sumut Pimpin Lap Parade F1 Powerboat, Jonas Anderson Juara di Kelas Sprint

Pebalap Jonas Andersson dari Tim Bình Định-Vietnam memimpin sejak awal di hari pertama kejuaraan kelas F1 sprint powerboat yang berlangsung di Danau Toba, Sabtu (2/3/2024)

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara Hassanudin memimpin Lap Parade membuka balapan Internasional F1 Powerboat (F1H2O), sambil mengibarkan bendera merah putih yang disambut riuh ribuan penonton yang memenuhi tepian Danau Toba.

Disusul para pebalap F1 Powerboat dari berbagai negara, secara berurutan juga melakukan parade, dengan membawa bendera kebangsaan masing-masing.

Pj Gubsu Hassanudin memimpin parade para pebalap sebelum dimulai lomba pada Sabtu (2/3/2024) di Danau Toba

“Kita sangat senang ada event internasional dilaksanakan rutin setiap tahun di Danau Toba ini, saya lihat antusias dari atas perahu tadi masyarakat di hari pertama ini sudah sangat ramai,” kata Hassanudin. usai pimpin Lap Parade F1 Powerboat di Balige, Kabupaten Toba, Sabtu (2/3).

Dengan adanya event internasional seperti balapan F1 Powerboat, kunjungan wisatawan ke Danau Toba meningkat banyak. Selain itu, event internasional tersebut merupakan ajang promosi Danau Toba sebagai kawasan wisata yang mampu melaksanakan event-event serupa.

“Kita sudah beberapa kali berhasil melaksanakan event internasional, kita harapkan event-event ini pun jadi ajang promosi kita untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumut, khususnya Danau Toba,” kata Hassanudin.

Hassanudin juga mengatakan, antusias masyarakat yang menonton Powerboat di hari pertama sudah cukup banyak. Ia mengharapkan di hari kedua, antusias bisa seperti pelaksanaan balapan hari kedua di tahun lalu.

“Kita tahu di tahun lalu masyarakat tumpah ruah di tepian danau, di jalan-jalan sangat padat, hari ini antusias masyarakat kita lihat juga sangat tinggi, masyarakat sudah ramai memenuhi tepian danau, kita harap besok seperti tahun lalu membludaknya,” kata Hassanudin.

Antusias masyarakat yang membludak tentunya akan meningkatkan perputaran perekonomian daerah. Ia mengharapkan perputaran uang selama F1 Powerboat sama seperti tahun lalu yang bisa mencapai ratusan miliar rupiah.

Muhammad Rasyid yang datang bersama keluarganya dari Kota Medan, merasa cukup puas dengan pelaksanaan F1 Powerboat di hari pertama.  Ia juga mengatakan, pada saat tiba di Balige, agak kesulitan mendapatkan kamar hotel atau penginapan, lantaran banyak yang penuh.

“Kita merasakan ya, penginapan-penginapan penuh, ternyata memang benar ramai sekali di sini,” kata Rasyid.

Jonas Anderson Juara di Kelas Sprint

Sementara itu pelaksanaan race di hari pertama berlansung seru karena cuaca sangat bersahabat. Jonas Andersson dari Tim Bình Định-Vietnam yang memimpin sejak awal berhasil keluar sebagai juara pertama  untuk kelas  balapan sprint (Sprint Race).

Pembalap asal Swedia itu tampak langsung tancap gas memimpin lomba dari awal balapan hingga bendera finish dikibarkan tanpa ada perlawanan berarti dari para rivalnya berbekal pole position yang diraihnya pada sesi kualifikasi sehari sebelumnya dengan selisih cukup jauh, yakni 13,741 detik dari pebalap Tim Strømøy Racing, Bartek Marszalek, yang berada di posisi kedua.

Posisi ketiga diraih Ben Jelf dari Tim F1 Atlantik yang dibuntuti Stefan Arand dari Tim Tim Bình Định-Vietnam di posisi keempat. Sedangkan Brent Dillard dari Tim CTIC Tiongkok berhasil finis kelima di depan duo Tim Abu Dhabi, yakni Thani Al-Qamzi di posisi keenam dan Alberto Comparato di posisi ketujuh.

Dua pebalap Tim Maverick Racing, yakni Cédric Deguisne dan Alexandre Bourgeot masing-masing menempati posisi kedelapan dan kesembilan.

Dengan hasil ini, Andersson memimpin posisi klasemen dengan perolehan 10 poin dalam 14 lap balapan Sprint pertama F1H2O tahun ini.

Berikut hasil akhir Sprint Race pertama F1 Powerboat Danau Toba 2024.

  • Jonas Andersson – Tim Bình Định-Vietnam.
  • Bartek Marszalek – Tim Strømøy Racing.
  • Ben Jelf – Tim F1 Atlantik.
  • Stefan Arand – Tim Tim Bình Định-Vietnam.
  • Brent Dillard – Tim CTIC Tiongkok.
  • Thani Al-Qamzi – Tim Abu Dhabi.
  • Alberto Comparato – Tim Abu Dhabi.
  • Cédric Deguisne – Tim Maverick Racing.
  • Alexandre Bourgeot – Tim Maverick Racing

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan