Kajianberita.com
Beranda Headline Semua Kawasan Jalan di Kota Medan Bebas Biaya Parkir, Kecuali Yang Memberlakukan E-Parking

Semua Kawasan Jalan di Kota Medan Bebas Biaya Parkir, Kecuali Yang Memberlakukan E-Parking

Tidak ada lagi biaya parkir di Medan, kecuali untuk kawasan yang telah menerapkan e-parking

Mulai Hari Ini Pemko Medan menggratiskan biaya parkir di semua lokasi jalan protokol milik pemerintah yang tidak memberlakukan sistem elektronik-parking atau E-Parking. Dengan demikian, mulai Selasa (2/4/2024) jika ada pengutipan biaya parkir di jalan pemerintah yang memaksa membayar dengan uang tunai, itu adalah perbuatan ilegal. Masyarakat diminta untuk tidak membayarnya.

Hal ini dinyatakan Kepala Dinas Perhubungan Medan, Iswar Lubis kepada wartawan pada Rabu (3/4/2024) di Taman A. Yani. Dia mengatakan, dengan adanya kebijakan ini, tidak ada lagi pembayaran parkir secara uang tunai atau cash.

“Jika ada pengutipan parkir di lokasi parkir konvensional atau yang bukan e-parking, maka itu adalah praktik pungli, jika ada yang mengaku jukir dengan menggunakan badge di lokasi-lokasi parkir konvensional, itu jukir liar,” tegasnya.

Sehubungan dengan kebijakan ini, mulai hari ini Pemko Medan hanya menerima PAD sektor parkir yang dibayarkan melalui e-parking dari lokasi-lokasi yang sudah menerapkannya. Iswar Lubis menyebutkan, saat ini terdapat 145 lokasi di Medan yang sudah menerapkan sistem e-parking.

Iswar mengakui kebijakan itu terpaksa diambil Pemko Medan karena selama ini Pemko tidak banyak mendapat keuntungan dari sistem perparkiran yang berlaku manual. Semua pemasukan dari uang parkir itu hanya untuk oknum tertentu saja. Bahkan banyak parkir di Medan bersifat illegal.

“Kami sudah mempertimbangkan, ternyata uang masyarakat yang masuk dari sektor parkir yang menggunakan sistem manual atau menggunakan uang cash tidak sepenuhnya masuk ke Pendapatan Asli Daerah (PAD), sehingga lebih bagus tidak usah sama sekali,” ungkapnya.

Dengan adanya kebijakan ini, lanjut Iswar, mulai hari ini sistem parkir di Medan hanya ada sistem e-parking pada lokasi-lokasi sudah yang ditetapkan.

Iswar juga mengharapkan kerja sama masyarakat untuk mendukung kebijakan ini agar sistem perparkiran di Medan berjalan mungkin.

“Jangan lagi lakukan pembayaran parkir secara cash di lokasi e-parking, bayarlah secara non tunai. Dan jangan bayar parkir di lokasi tidak menerapkan e-parking. Jika ada oknum yang meminta uang parkir di lokasi parkir konvensional, silakan laporkan ke pihak kepolisian terdekat atau petugas kami, atau videokan agar dapat dijadikan bukti di hadapan penegak hukum,” ungkapnya.

Iswar mengatakan, pihaknya telah menyurati kepolisian untuk memohon kerja sama pengawasan pelaksanaan kebijakan Pemko Medan yang telah diputuskan dalam rapat yang dipimpin Wali Kota Medan, Bobby Nasution dan unsur Forkopimda ini.

“Artinya jika ada ditemukan pungli akan langsung dilakukan tindakan hukum,” ungkapnya.

Iswar mengatakan, pemberlakuan kebijakan ini akan terus diawasi dan hasilnya akan dievaluasi. Pada akhirnya di semua Kawasan kota Medan akan berlaku sistem pembayaran e-Parking, dengan demikian pemasukan bagi Pemko akan terukur lebih jelas. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan