Kajianberita.com
Beranda Headline Muncul Penolakan Internal Golkar Terhadap Bobby Untuk Maju Pilgubsu, Dukungan Bagi Ijeck Lebih Kuat

Muncul Penolakan Internal Golkar Terhadap Bobby Untuk Maju Pilgubsu, Dukungan Bagi Ijeck Lebih Kuat

Menantu jokowi Bobby Nasution dan Ketua DPD Golkar Sumut, Musa Rajekshah

Tidak mudah bagi Bobby Nasution untuk mengklaim bahwa ia telah mendapat dukungan dari Ketua Umum DPP Golkar Airlangga Hartarto untuk maju sebagai calon gubernur dari partai itu pada Pemilihan Gubernur Sumut (Pilgubsu) November mendatang. Pasalnya, sejumlah pengurus internal partai Golkar Sumut menilai, Bobby sebenarnya belum layak bersaing di level gubernur. Menantu Jokowi itu disarankan sebaiknya tetap bersaing di level Pilkada Kota Medan.

Para pengurus DPD Partai Golkar Sumatera Utara juga membantah kalau Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto pernah menyebut nama Bobby untuk dicalonkan partai mereka untuk maju sebagai calon Gubernur.

“Setahu kami nama Bobby tidak pernah disebutkan secara khusus sebagai sosok yang akan didukung Golkar untuk maju pada Pilgubsu mendatang. Untuk menentukan nama itu, perlu ada penjaringan internal partai. Saat ini penjaringan calon kepala daerah di internal Golkar baru akan berlangsung,” kata Sekretaris DPD Golkar Sumut, Datok Ilhamsyah, kepada wartawan di Kantor DPD Golkar Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Senin (8/4/2024).

Malah Ilhamsyah tegas mengatakan, suara arus bawah dari Golkar Sumut kemungkinan tidak akan mencalonkan Bobby Nasution sebagai sosok yang akan didukung Golkar maju pada Pilgubsu mendatang. Ia menilai, Musa Rajekshah lebih pantas bersaing di level itu.

Pernyataan ini sekaligus menyiratkan bahwa Bobby Nasution belum layak ‘naik level’. Golkar Sumut menilai kalau Bobby masih lebih pantas bersaing di level Pilkada Kota Medan.

Ilhamsyah mengakui kalau Bobby Nasution dan Ijeck sama-sama pernah mendapatkan rekomendasi dari Ketua Golkar untuk maju pada Pilgubsu 2024. Namun dari kedua nama itu nantinya akan diputuskan satu nama saja. Sejauh ini DPP Golkar belum memutuskan nama tersebut.

“Jadi tidak benar kalau Bobby sudah menjadi pilihan partai,” kata Ilhamsyah. Munculnya nama Bobby masih sebatas wacana.

Sekretaris Partai Golkar Sumut, Dato’ Ilhamsyah memberikan keterangan kepada wartawan Senin (9/4/2024) soal keinginan internal partai yang lebih mendukung Ijeck maju Pilgubsu ketimbang Bobby Nasution. Bobby dianggap masih lebih pantas bersaing di pentas Pilkada Kota Medan

Kalaupun Bobby sempat hadir dan diundang pada pertemuan pengarahan calon kepala daerah oleh Ketum Golkar di Jakarta beberapa waktu lalu, dalam pandangan Ilhamsyah, kehadiran itu dalam kapasitasnya sebagai calon Walikota Medan, bukan sebagai calon Gubsu. Ijeck juga hadir pada pertemuan itu. Kemungkinan besar, menurutnya, Ijeck hadir dalam kapasitas sebagai Cagubsu.

Pernyataan Ilhamsyah itu menunjukkan kalau arus bawah Golkar Sumut mulai menunjukan penolakan terhadap Bobby yang beberapa kali mengklaim sudah mendapatkan restu Ketua Umum Golkar maju pada Pilgubsu. Jelas sekali kalau arus bawah partai itu lebih menginginkan Ijeck yang maju.

“Karena tekanan dari bawah itu sangat luas, dari kader-kader internal kami sangat luas. Bahkan beberapa kelompok masyarakat pun sangat luas menekan kami untuk segera mengusulkan agar Ijeck yang kita usulkan diusung pada Pilgubsu,” kata Ilhamsyah.

Begitu pun, lanjut Ilhamsyah, Golkar Sumut tidak bisa memutuskan sendiri, sebab ada proses ataupun mekanisme yang dijalani sesuai ketentuan yang diatur partai. Namun setidaknya mereka akan menyuarakan aspirasi arus bawah itu ke tingkat DPP Golkar di Jakarta. (*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan