Kajianberita.com
Beranda Headline Hadiri Ta’aruf Bakal Calon Kepala Daerah PKB di Jakarta, Edy Rahmayadi dan Cak Imin Kian Mesra

Hadiri Ta’aruf Bakal Calon Kepala Daerah PKB di Jakarta, Edy Rahmayadi dan Cak Imin Kian Mesra

Edy Rahmayadi disambut Ketua umum PKB Muhaimin Iskandar saat ia hadir di acara Ta’aruf calon kepala daerah PKB yang berlangsung di Jakarta, Rabu (1/5/2024)

Tanda-tanda kalau Edy Rahmayadi akan mendapat dukungan kuat dari PKB untuk maju pada Pemilihan Gubernur Sumut (Pilgubsu) November mendatang semakin menguat. Hal itu terlihat dari undangan khusus yang meminta Edy hadir pada acara ta’aruf calon kepala daerah (Bacakada) yang diselenggarakan PKB di Jakarta.

Edy menyambut baik undangan itu. Ia langsung datang ke acara pertemuan dengan disambut secara khusus oleh ketua umum PKB, Muhaimin Iskandar. Selain Edy, sejumlah kandidat calon kepala daerah lain dari berbagai wilayah di Indonesia juga hadir pada acara itu. Secara keseluruhan, ada sekitar 135 calon kepala daerah yang memenuhi undangan ta’aruf itu.

Hanya saja, untuk kandidat calon gubernur Sumut, hanya Edy Rahmayadi satu-satunya yang hadir. Kehadiran itu semakin meyakinkan banyak pihak bahwa PKB tampaknya akan memberikan dukungannya kepada Edy maju pada Pilgubsu mendatang. Apalagi sambutan yang diberikan Muhaimin alias Cak Imin kepada Edy terlihat sangat istimewa.

Baik Edy Rahmayadi maupun Cak Imin memang sudah sangat akrab sejak berlangsungnya kampanye Pemilu Presiden beberapa waktu lalu.  Edy adalah ketua tim kampanye daerah (TKD) untuk pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar untuk wilayah Sumatera Utara.

Saat kedatangan Cak imin ke Sumatera Utara, Edy adalah sosok yang paling aktif mendampinginya. Tidak heran jika sangat kuat dugaan kalau PKB akan memberikan dukungannya kepada Edy untuk maju pada Pilkada nanti.

PKB memiliki 4 kursi di DPRD Sumut. Jumlah itu masih dibawah ambang batas untuk mengajukan calon kepala daerah. Sesuai Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan kepala Daerah, syarat ambang batas partai mengajukan calon sedikitnya harus memiliki 20 persen jumlah kursi DPRD. Untuk calon gubernur Sumut, harus 20 kursi di DPRD Sumut.

Edy Rahmayadi, Cak Imin dan sejumlah bakal calon kepala daerah yang hadir di acara ta’aruf Bacakada PKB di Jakarta.

Tentu saja Edy tidak hanya berharap dukungan dari PKB. Ia juga mendekati sejumlah partai lain sehingga koalisi partai itu akan memiliki minimal 20 persen kursi di DPRD Sumut. Selain PKB, partai lain yang berpotensi memberikan dukungan kepada Edy adalah PKS, Nasdem dan Partai Demokrat.

Kalau semua partai itu berada di belakang Edy pada Pilgubsu nanti, berarti koalisi partai itu telah memiliki 29 kursi atau melebihi 20 kursi minimal di DPRD Sumut. Tentu saja semua ini akan membuat langkah Edy semakin mulus. Apalagi kalau ia dapat merangkul dukungan PDIP yang memiliki 21 kursi di DPRD Sumut.

Edy sendiri mengaku kalau kehadiran ta’aruf PKB itu dalam rangka persiapan menuju Pemilihan Calon Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar pada 26 November 2024.

“Saya di sini hadir sebagai Bacagub dari Sumatera Utara, bersama dengan 135 bakal calon kepala daerah lainnya dari seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Edy Rahmayadi, mengaku optimis, pertemuan ini menjadi momentum yang baik bagi seluruh Bacakada dari PKB untuk bersama-sama berjuang memajukan daerahnya masing-masing.

Ketua Umum PKB Cak Imin, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada para Bacakada Zona Sumatera I yang diikuti 135 orang. Dia mengajak seluruh Bacagub yang hadir untuk berjuang bersama PKB dalam berfikir, mendesain, untuk merumuskan kemajuan daerah masing-masing. (*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan