Kajianberita.com
Beranda Headline Kaesang Sebut Ayahnya Akan Bantu Berkampanye di Pilkada, Bobby Menjadi Perhatian

Kaesang Sebut Ayahnya Akan Bantu Berkampanye di Pilkada, Bobby Menjadi Perhatian

Presiden Joko Widodo bersama anaknya Kaesang Pangerap yang juga merupakan Ketua umum PSI

Joko Widodo alias Jokowi akan mengakhiri masa jabatannya pada pertengahan Oktober mendatang. Setelah tidak lagi menjabat, Jokowi akan turut berkampanye mendukung anak dan menantunya maju pada Pilkada yang berlangsung pada November 2024. Tidak hanya berjuang untuk keluarga, Jokowi disebut-sebut akan berkampanye untuk kader yang didukung Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Rencana Jokowi berkampanye pada Pilkada mendatang disampaikan oleh Kaesang Pangerap, Ketua Umum PSI yang juga putra kandung Jokowi. Kaesang mengaku kalau Jokowi berpesan kepadanya agar PSI all out untuk berjuang pada Pilkada mendatang.

“Kader-kader PSI harus berani maju. Pak Jokowi akan turun gunung membantu kampanye kita di Pilkada nanti,” kata Kaesang dalam acara pembekalan anggota Legislatif terpilih PSI di Jakarta beberapa waktu lalu.

Kaesang belum menjelaskan siapa saja kader PSI yang akan maju di Pilkada nanti. Namun ia menyebutkan ada beberapa daerah yang potensial dimenangkan, seperti di NTT di mana Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Christian Widodo akan maju dalam Pemilihan Wali Kota Kupang.

PSI juga dipastikan akan menjadi salah satu pendukung Bobby Nasution manakala Walikota Medan itu maju pada pemilihan gubernur Sumut (Pilgubsu). Bobby adalah abang ipar dari Kaesang Pangerap.

Bobby sampai saat ini belum menjelaskan ke partai politik mana ia akan bergabung setelah dipecat dari PDIP. Santer disebut ia akan bergabung ke Golkar, tapi ada pula yang menyebutkan kalau ia akan bergabung ke PSI. Terlepas dari benar tidaknya kabar itu, pada Pilgubsu nanti Bobby dipastikan akan didukung partai-partai yang berpihak kepada pemerintah. PSI dan Golkar termasuk di dalamnya, selain PAN dan Gerindra.

Jika Bobby melaju pada Pilgubsu nanti, Jokowi diperkirakan akan bolak balik ke Medan untuk mendukung kampanye menantunya itu. Sepertinya Jokowi tidak ingin anak dan menantunya kehilangan kekuasaan manakala masa jabatannya sebagai presiden berakhir.

Namun saat ditanya soal rencana dukungannya pada Pilkada nanti, Jokowi tidak mau menjelaskan secara terbuka.

“Tanya ke Ketua PSI saja. Itukan urusan PSI,” tuturnya sebagaimana dilansir siaran YouTube Sekretariat Kabinet.

Jika benar Jokowi akan turun ke Sumut untuk membantu kampanye Bobby, tentu ini menjadi peringatan bagi kandidat lain agar bersiap-siap untuk melakukan perlawanan. Bukan tidak mungkin isu kecurangan anak menguat, sebab jajaran penguasa yang sekarang menjabat di berbagai daerah adalah  orang-orang yang sudah disiapkan jaringan penguasa sejak beberapa bulan lalu. Bagaimana pun juga pengaruh Jokowi akan terasa, apalagi saat Pilkada nanti, ia baru meninggalkan jabatannya sebagai presiden selama satu bulan. (*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan