Kajianberita.com
Beranda Headline Fotonya Tidak Lagi Dipajang di Kantor PDIP Sumut, Ini Komentar Presiden Jokowi

Fotonya Tidak Lagi Dipajang di Kantor PDIP Sumut, Ini Komentar Presiden Jokowi

Foto Presiden Joko Widodo tidak lagi dipasang di kantor DPD PDIP Sumut, sedangkan foto wakil presiden masih terlihat jelas. Foto Jokowi diturunkan karena ia dianggap telah mengkhianati partai.

Foto Presiden Joko Widodo terlihat jelas tidak lagi dipajang di kantor PDIP Sumut. Sedangkan foto wakil presiden Ma’ruf Amin masih berdiri kokoh di kantor itu. Kabar ini terungkap saat berlangsung sesi foto antara calon gubernur Sumut Edy Rahmayadi dengan pengurus PDIP Sumut.

Dari latar belakang foto itu, terlihat jelas kalau foto Jokowi yang sebelumnya berada di atas berdampingan dengan foto Ma’ruf Amin sudah tidak ada lagi. Ada yang mengatakan kalau foto itu jatuh dan pecah, tapi banyak pula yang meyakini kalau foto itu sengaja diturunkan karena Jokowi dianggap pengkhianat partai.

Bukan hanya di kantor PDIP Sumut, banyak kantor PDIP lainnya di Indonesia yang tidak lagi memajang foto Jokowi sebagai presiden.

Menanggapi hal itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tak mau merisaukannya. Baginya itu hanya sebuah foto.

“Ya, foto saja,” kata Jokowi usai meninjau Pasar Baru Karawang, Jawa Barat, Rabu (8/5).

Saat kembali ditanya kemungkinan foto dirinya juga tidak dipajang di sejumlah kantor DPD PDIP lainnya, Jokowi menjawab hal yang sama sembari tersenyum.

“Apanya? Ya, foto saja,” ujar Jokowi.

Sebelumnya pemandangan berbeda tampak di Ruang Rapat Koordinasi Kantor DPD PDIP Sumatera Utara di Jalan Jamin Ginting, Kota Medan, Senin (6/5).

Di ruangan tersebut tak tampak foto Presiden RI Joko Widodo. Hanya ada foto Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan lambang negara Indonesia Garuda Pancasila yang masih dipajang di dinding.

Eks Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi resmi mendaftar untuk maju sebagai bakal calon Gubernur Sumatera Utara pada Pilgub Sumut 2024. Edy menyerahkan keputusan kepada PDIP apakah nantinya akan mengusungnya di Pilgub Sumut. CNN Indonesia/Farida Noris. Presiden Joko Widodo tak dipajang di Kantor DPD PDIP Sumut saat konferensi pers Edy Rahmayadi maju Pilgub Sumut 2024 digelar di kantor tersebut. (CNN Indonesia/Farida Noris)

Ruangan tersebut sempat digunakan pengurus DPD PDIP Sumut untuk menggelar konferensi pers ketika mantan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mendaftar menjadi bakal calon Gubernur Sumut melalui PDIP untuk maju Pilgub 2024.

Wakil Ketua DPD PDIP Sumut, Aswan Jaya berdalih foto Jokowi jatuh saat kegiatan pemasangan baliho. Foto itu belum sempat dipasang kembali.

“Mungkin jatuh saat baliho dipasang. Jadi enggak sempat dipasang lagi,” kata Aswan, Selasa (7/5).

Terpisah, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan pencopotan foto Presiden Jokowi banyak dilakukan di kantor cabang partainya di sejumlah daerah.

Hasto menyatakan tak ada instruksi kepada kader PDIP untuk mencopot foto Presiden Jokowi di kantor daerah masing-masing.

Menurut Hasto, penurunan foto presiden murni ekspresi kader. Mereka protes atas berbagai bentuk dugaan penyalahgunaan kekuasaan yang dilakukan Presiden Jokowi selama Pemilu dan Pilpres 2024. (cnn)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan