Kajianberita.com
Beranda Headline Gerindra dan USU Survei Bacalon Pilgubsu, Sebuah Rekayasa Baru untuk Mendukung Bobby?

Gerindra dan USU Survei Bacalon Pilgubsu, Sebuah Rekayasa Baru untuk Mendukung Bobby?

Gerindra Sumut akan menggandeng Pusat Kajian Pemilu dan Partai Politik (Puskapp) Universitas Sumatera Utara (USU) untuk melakukan survei terhadap bacalon kepala daerah di Pilkada se-Sumut. Survei ini menjadi bagian strategi pemenangan Gerindra.

Survei itu sempat mengundang keheranan dari beberapa pengamat  karena terkesan dipaksakan, sebab pada kenyataannya Puskapp USU tidak punya track record dalam melakukan survei calon peserta Pilkada.

Sejauh ini Puskapp USU sangat jarang menyampaikan hasil kajian ilmiah kepada public terhadap dinamika politik di Sumut maupun nasional. Lembaga itu ada, tetapi terkesan tidak pernah muncul ke permukaan.

Keberadaan Puskapp tidak lepas dari peran Rektor USU, Muryanto Amin yang dikenal sangat dekat dengan pemerintah. Sudah menjadi rahasia umum kalau  Rektor USU,  Muryanto Amin sangat dekat dengan menantu presiden Jokowi, Bobby Nasution.  Karena itu tidak heran jika survei Gerindra dan USU terkait kandidat Pilgubsu itu disebut-sebrut hanya sebuah rekayasa untuk menonjolkan figur Bobby Nasution.

“Hasil survei itu sudah bisa ditebak. Nantinya pasti akan menyebut kalau Bobby Nasution adalah kandidat potensial di Pilgubsu 2024,” kata Iwan Syahputra, salah seorang pengamat politik di Sumut.

Lagi pula kata Iwan, sejak awal Gerindra sebenarnya sudah pasti akan mengusung Bobby maju sebagai calon Gubernur Sumut.  Partai ini akan bergabung dengan barisan Golkar yang juga akan mendukung figur yang sama.

“Jadi sebenarnya survei itu ecek-ecek saja. Hanya  sebagai alasan untuk  menunjukkan bahwa figure Bobby adalah yang terbaik,” kata Iwan.

Pengurus Gerindra sendiri mengaku kalau survei itu  bertujuan untuk mendapat data objektif bagi elektabilitas bacalon kepala daerah sehingga mereka dapat menentukan strategi untuk memenangkan Pilgubsu nanti.

Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto bersama Bobby Nasution. Suara Gerindra Sumut sudah dipastikan mengarah untuk mendukung Bobby pada Pilgubsu mendatang,

Sosok yang berinisiatif menggandeng Puskapp adalah Sugiat Santosa, Sekretaris DPD Gerindra Sumut. Sugiat selama ini juga dikenal sebagai pendukung utama Bobby Nasution. Peran Sugiat dalam kerjasama dengan Puskapp USU memperkuat dugaan bahwa survei itu memang semata-mata untuk menaikan citra Bobby Nasution pada Pilgubsu nanti.

Dengan survei itu nantinya Gerindra berupaya meyakinkan Golkar bahwa Bobby Nasution merupakan sosok yang lebih baik ketimbang Musa Rajekshah alias Ijeck.

Sementara itu Direktur Eksekutif Puskapp USU Walid M Sembiring meyakinkan bahwa survei yang mereka lakukan bersifat independen. Lembaga ini mengaku akan melakukan survei secara langsung di  33 kabupaten/kota di Sumut.

“Kita akan melakukan survei dengan metode standar ke semua kabupaten/kota secara parallel. Sebanyak 33 kabupaten/kota akan kita bagi  dalam 3 zona,” sebut Walid M Sembiring kepada wartawan.  (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan