Kajianberita.com
Beranda Headline Bobby Ungkap Alasan Sempat Tunjuk Pamannnya Jadi Sekda, Sadar Setelah Dapat Kecaman Publik

Bobby Ungkap Alasan Sempat Tunjuk Pamannnya Jadi Sekda, Sadar Setelah Dapat Kecaman Publik

Bobby Nasution bersama Plh Sekda Kota Medan yang baru dilantiknya, Topan Ginting. Bobby sebelumnya sempat menunjuk pamannya, Benny Sinomba sebagai Sekda. Tapi kemudian ia mengubah keputusan itu setelah mendapat kritikan tajam dari publik

Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengungkapkan alasannya sempat mengangkat sang paman Benny Sinomba Siregar menjadi Pelaksana Harian (Plh) Sekda Medan. Bobby mengatakan mengangkat pamannya menjadi Plh Sekda Medan karena sifatnya terburu-buru.

Dirinya kala itu sedang mengajukan cuti kerja. Sedangkan proses pengajuan Pj Sekda memerlukan mekanisme persetujuan dari Pj Gubernur Sumatera Utara. Karena waktu mepet, sehingga Bobby langsung saja menunjuk Pamannya Benny untuk menduduki jabatan itu.

“Penunjukan Plh kemarin itu karena masa cuti saya mepet karena pak Wiriya (Sekda Medan) dilantik sebagai Pj Bupati Deli Serdang Senin (22/4). Saya harus berangkat, cuti kemarin. Jadi menunjuk Plh untuk menunggu pengajuan Pj itu harus ada dari Pak Gubernur,” kata Bobby di Kantor Pemkot Medan, Senin (13/5)

Menantu Presiden Joko Widodo itu mengklaim penunjukan pamannya menjadi Plh Sekda Medan sudah melewati berbagai tahapan.

“Dia paman saya. Di sini manggil paman tulang. Beliau sebelum saya jadi wali kota juga sudah dinas di Pemko Medan dan beliau juga sudah menjalani pimpinan OPD juga sesuai dengan tahapan-tahapannya dan sesuai. Dan penunjukan beliau kemarin sudah disampaikan Pak Wakil Wali Kota Medan,” ujarnya.

Selain itu, kata Bobby, Benny telah memiliki pengalaman panjang di Pemerintahan Kota Medan. Penunjukan Benny sebagai Plh Sekda didasarkan pada prestasinya yang sudah terbukti sebelumnya.

“Beliau menjalani tahapan menjadi pimpinan OPD sesuai dengan kategori. Tahap-tahapannya sama, boleh dicek. Bukan tiba-tiba dari lurah jadi kepala dinas. Tahapannya sesuai semua,” katanya.

Benny Sinomba Siregar ditunjuk menjadi Plh Sekda Medan pada Rabu (24/4). Penunjukan Benny ini sempat menimbulkan polemik karena yang bersangkutan paman Bobby. Bahkan penunjukan pamannya itu telah menjadi isu nasional, sampai-sampai ada media yang membuat karikatur lucu tentang nepotisme keluarga Bobby yang dipadukan dengan kehidupan mertuanya, Presiden Joko Widodo.

Tak bisa dibantah, Bobby merasa sangat malu sekali dengan kritikan tersebut. Belakangan ia sadar bahwa penunjukan pamannya itu memang sangat kontroversial, apalagi Benny tergolong masih muda untuk menduduki jabatan Sekda. Oleh karena itu ia merevisi penunjukan tersebut.

Setelah mendapatkan persetujuan dari Pj Gubernur Sumut, Bobby akhirnya melantik Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga Bina Konstruksi Kota Medan Topan Ginting menjadi Penjabat (Pj) Sekda Kota Medan pada Senin (13/5) kemarin.

Topan merupakan ASN yang dikenal sangat dekat dengan Bobby. Malah ada yang menyebut kalau Topan banyak mengurus kepentingan bisnis Bobby di sektor usaha. Pada Pilkada Kota Medan 2020, Topan termasuk yang aktif menggalang kekuatan ASN untuk mendukung kemenangan Bobby. **

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan