Kajianberita.com
Beranda Headline Profil Jhony Pardede: Tokoh Sepakbola dan Rohaniawan Yang Memiliki Kedekatan Dengan Edy Rahmayadi

Profil Jhony Pardede: Tokoh Sepakbola dan Rohaniawan Yang Memiliki Kedekatan Dengan Edy Rahmayadi

Edy Rahmayadi saat menghadiri peresmian Cafe milik Jhony Pardede di Medan. Keduanya tetap bersahabat dekat sejak muda.

Jenazah pengusaha sekaligus pendiri klub Harimau Tapanuli, Johny Pardede disemayamkan di Pardede Hall, Jalan Mataram, Kota Medan. Johny Pardede meninggal dunia di usianya yang ke 70 tahun. Johny merupakan anak Tumpal Dorianus Pardede (T.D Pardede), pengusaha sukses dan terkenal di masa pemerintahan Orde Lama dan Orde Baru. T.D Pardede juga penah menjabat sebagai Menteri Berdikari RI di masa pemeritahan Presiden Soekarno.

Johny  menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit Cikini, Jakarta, Rabu (15/5/2024) kemarin. Jenazah Johny Pardede tiba di Kota Medan sejak Rabu (15/5) sekira pukul 23:30 WIB tadi malam. Sampai hari ini ribuan warga sudah melayat di lokasi persemayaman.

Di kalangan masyarakat Sumatera Utara, sosok Jhony Pardede tentu bukan nama asing lagi. Selain sebagai pengusaha dan tokoh penggerak olahraga sepakbola di tanah air, dalam sekitar 15 tahun belakangan ini Jhony banyak pula aktif dalam kegiatan rohani, khususnya untuk pelayanan agama Kristen. Tidak heran jika kepergian Johny Pardede menghadirkan duka mendalam bagi bayak orang, khusunya keluarga, penggemar sepakbola dan juga masyarakat batak.

Johny Pardede adalah anak ketujuh dari sembilan bersaudara pasangan Tumpal Dorianus Pardede atau dikenal dengan nama T.D Pardede, dan Hermina Napitupulu. Ia lahir di Medan pada 24 April 1954.

Pada 1966 hingga 1970, Johny tinggal di Jerman dan kembali ke tanah air pada 1973. Sekembalinya ke Indonesia, Johny pun menikah dengan Sri Theresia Bangun.

Waktu mudanya, Johny yang berbakat di bidang bisnis mengikuti jejak sang ayah. Ia pun merintis berbagai usaha, termasuk mendirikan klub sepak bola Harimau Tapanuli. Di tangan Johny, klub Harimau Tapanuli sempat dikenal seantero Indonesia. Namun pada tahun 1991, klub tersebut akhirnya dibubarkan.

Dilansir dari Tokoh Batak, pembubaran klub Harimau Tapanuli tak lepas dari kematian ayahnya pada 18 November 1991, yang sebelumnya didahului ibunya, meninggal 20 Mei 1982. Sejak membubarkan klub yang telah ia rintis, Johny pun mulai memfokuskan diri untuk mendalami agama.

Ia lebih memilih melayani Tuhan, dan kerap mengajak sesama rekan bisnisnya untuk melakukan perbuatan-perbuatan baik. Semasa hidupnya, Johny pun tidak hanya fokus pada bisnis, tapi terus melayani umat.

Jhony Pardede saat tampil menyampaikan ceramah agama.

Sebagai sosok yang terkenal di masyarakat, tentu saja Jhony punya banyak teman. Salah satu teman baiknya adalah Edy Rahmayadi, mantan Gubernur Sumut masa bakti 2018-2023. Bahkan Jhony kerap mengaku ia berhutang budi kepada Edy.

Utang budi itu mencuat tatkala pada 1994, ketika Johny Pardede ditikam seseorang saat ia sedang berada di coffeshop yang ada di Hotel Danau Toba. Belakangan terungkap kalau penikaman itu terkait dengan sengketa keluarga.

Akibat penikaman itu, Jhony terjatuh dan sempat berlumuran darah. Ironisnya, tak seorang pun mau menolongnya.

Kala itu ada seorang TNI berpangkat Mayor yang melintas. Saat mengetahui ada yang menjadi korban penikaman, anggota TNI itu langsung bergerak memberikan bantuan. Ia bersama anak buahnya membawa Jhony ke rumah sakit. Belakangan Jhony tahu kalau anggota TNI itu adalah  Edy Rahmayadi yang kala itu bertugas di Kodam Bukit Barisan.

Nyawa Jhony pun berhasil diselamatkan. Sejak itu keduanya bersahabat sangat dekat. Bahkan sampai karir Edy naik menjadi perwira tinggi, persahabat keduanya tetap terjalin dengan baik. Terlebih lagi keduanya sama-sama menyukai olahraga sepakbola. Tak heran jika kepergian Jhony Pardede juga merupakan kehilangan bagi sahabatnya Edy Rahmayadi.

Sebelumnya Edy juga merasa sangat sedih tatkala menghadiri pemakaman Rudolf Pardede, abang Johony Pardede yang meninggal dunia pada 26 Juni 2023. Sekarang Edy kembali harus menghadiri proses pemakaman Jhony Pardede, sahabat yang sudah dikenalnya sejak puluhan tahun silam. (*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan