Kajianberita.com
Beranda Sumut Mall Centre Point Aktif Kembali Setelah Setor Pajak Rp 107 Miliar Kepada Pemko Medan

Mall Centre Point Aktif Kembali Setelah Setor Pajak Rp 107 Miliar Kepada Pemko Medan

Suasana mall Centre Point Medan setelah ditutup dan disegel Pemko Medan, Rabu (15/5/2024). Rencananmya 1 Juni ini akan buka kembali setelah pengelola melunasi hutang pajak mereka secara bertahap kepada Pemko Medan

Pemko Medan batal membongkar Mall Centre Point yang disebut menunggak pajak. Padahal, pada Rabu (29/5/2024), sejumlah alat berat sudah diparkirkan untuk membongkar pusat perbelanjaan itu. Pembongkaran batal dilakukan karena pengelola Mall Centre Point sudah menyetorkan Rp 107 miliar ke Pemerintah Kota Medan.

“Alhamdulillah per hari ini sudah masuk ke kas Pemko tunggakan pajaknya. Sore tadi kita tunggu dan sudah masuk sebesar Rp 107 miliar,” kata Bobby, Rabu.

Bobby mengatakan, PT Arga Citra Kharisma selaku pengelola Mall Centre Point juga sudah mengirimkan permohonan untuk batas waktu pembayaran sisa tunggakan pajaknya.

“Tentu ini niat baik. Walaupun belum lunas, kita tunggu sampai tenggat waktu yang telah disepakati,” jelasnya.

Sejumlah alat berat diparkirkan di halaman depan Mall Centre Point Medan, di Jalan Jawa, Kecamatan Medan Timur, Medan, Sumatera Utara, Rabu (29/5/2024). Alat berat ini didatangkan Pemerintah Kota Medan sebagai bentuk persiapan jika PT Arga Citra Kharisma, pengelola Mall Centre Point, tidak menunaikan pembayaran pajak.

Seperti diketahui, Mall Centre Point tak kunjung membuat Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) dan tak membayar pajak sebesar Rp 250 Miliar. Amatan di lokasi, ada empat alat berat diparkirkan di pinggir Jalan Jawa, persis di depan pintu masuk Mal Centre Point dan di pintu masuk parkir.

Tampak juga satu truk pembawa eskavator terparkir di sisi Jalan Jawa. Sejumlah alat berat ini bertuliskan Dinas SDABMBK. Petugas keamanan Mall Centre Point terlihat berjaga di sekitar mall. Namun, tak ada pergerakan dari petugas keamanan pada saat alat berat diparkirkan di sana.

Sebelumnya diberitakan, Wali Kota Medan Bobby Nasution menyegel Mall Centre Point di Jalan Jawa, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan, Rabu (15/5/2024). Penyegelan dilakukan karena mal yang berada di lahan seluas 3,1 hektar tersebut, menunggak pajak sebesar Rp 250 Miliar sejak tahun 2011.

Bangunan ini juga tidak mempunyai izin. Pemkot Medan sudah sempat memberi tenggat waktu untuk melunasi pajak tersebut. Namun, kewajiban itu urung dilakukan pihak Mall Centre Point. Rencananya terhitung 1 Juni 2024, Mall Centre Point Medan akan dibuka kembali sebagaimana sediakala. (Komps)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan