Kajianberita.com
Beranda Headline Keluarga Jokowi Memburu Kekuasaan: Gibran Wapres, Bobby Maju di Pilgubsu, Kaesang di DKI

Keluarga Jokowi Memburu Kekuasaan: Gibran Wapres, Bobby Maju di Pilgubsu, Kaesang di DKI

Gibran, Bobby dan Kaesang, anak dan menantu Jokowi yang akan ikut merebut kekuasaan.

Upaya keluarga Joko Widodo untuk mempertahankan kekuasaan di Pemerintahan terus berlanjut. Melalui dinasti politik yang mereka bangun, anak dan menantu akan melanjutkan kekuasaan Jokowi di berbagai tingkatan.

Putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka sudah dipastikan bakal dilantik sebagai wakil presiden. Kalau saja presiden terpilih berhalangan, maka sudah pasti Gibran akan melenggang duduk sebagai presiden.

Tidak cukup sampai disitu, menantu Jokowi Bobby Nasution tengah dipersiapkan maju pada pemilihan gubernur Sumut (Pilgubsu) November mendatang. Semua perangkat kekuasaan disebut-sebut akan turut bermain memenangkannya. Potensi kecurangan sangat besar. Sepertinya sudah menjadi target Jokowi bahwa menantunya itu akan didudukkan sebagai Gubernur Sumut masa bakti 2024-2029.

Jokowi sudah memberi restu untuk Bobby agar maju pada Pilgubsu mendatang. Meski demikian, sebagaimana karakternya selama ini, Jokowi seakan tidak mau campur tangan masalah itu. Tapi tak bisa dibantah, perangkat kekuasaan bakal digunakan untuk memenangkan Bobby.

Pesaing Bobby di Pilgubsu nanti adalah mantan Pangkostrad, Letjen TNI (Purn) Edy Rahmayadi yang juga gubernur Sumut periode 2018-2023. Kabarnya Edy sudah mempersiapkan tim untuk memantau potensi kecurangan di lapangan. Pengacara tangguh juga sudah dihubungi untuk menghadapi persoalan hukum yang terjadi.

Apakah antisipasi Edy itu akan berhasil? Hanya waktu yang bisa menjawabnya. Edy disebut-sebut bakal mendapat dukungan dari PDIP  untuk bisa mengalahkan menantu Jokowi itu.

Lain lagi dengan putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep. Ketua umum PSI ini disebut-sebut bakal maju pada Pilkada DKI Jakarta dengan dukungan dari Gerindra, PSI dan juga partai penguasa lainnya. Namun sampai saat ini Keputusan Kaesang maju belum bulat.

Bobby Nasution mengaku belum ada komunikasi keluarga terkait pencalonan Kaesang Pangarep di pemilihan kepala daerah 2024. Menurut Bobby, keluarga termasuk Presiden Jokowi belum membahas pencalonan anak bungsunya di pilkada. Hal tersebut disampaikan Bobby menjawab wartawan seusai menjalani uji kelayakan dan kepatutan (UKK) di DPP PKB.

“Di grup keluarga? Belum ada dibahas soal Kaesang. Tapi soal saya mau di Pilgubsu sudah mendapat restu,” ucap Bobby, Selasa (4/6).

Kaesang sendiri mengaku akan memberikan kejutan pada Agustus 2024 nanti. Kejutan tersebut terkait keputusannya untuk ikut bertarung di pemilihan gubernur atau Pilgub Jakarta 2024 atau tidak.

Keterlibatan anak dan menantu Jokowi dalam politik tentu saja tidak bisa dilepaskan dari upaya keluarga itu agar tetap langgeng di lingkar kekuasaan setelah Jokowi melepaskan jabatan presiden pada Oktober mendatang.

Bagaimanapun juga kekuasaan itu sangat nikmat. Bisa memunculkan candu. Makanya keluarga yang berkuasa anak terus mendorong anak menantunya ikut merebut kekuasaan. (faz)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan