Kajianberita.com
Beranda Headline Dapat Dukungan Partai-Partai Besar, Anies Kembali Ikut Dalam Kontestasi Pilkada DKI Jakarta

Dapat Dukungan Partai-Partai Besar, Anies Kembali Ikut Dalam Kontestasi Pilkada DKI Jakarta

Anies Baswedan saat tampil bersama ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar

Setelah dikalahkan pada Pemilihan Pemilu Presiden yang lalu, Anies Baswedan tetap tidak mau meninggalkan panggung politik. Menjelang Pilkada serentak November yang akan datang, Anies mempersiapkan diri ikut kembali memperebutkan posisi sebagai Gubernur DKI Jakarta. PKB, PKS dan Nasdem siap memberi dukungan kepadanya. PDIP juga berpeluang memperkuat dukungan itu.

Adapun dukungan PKB untuk Anies telah resmi disampaikan hari ini, Rabu (12/6/2024) di Jakarta. Pernyataan dukungan itu disampaikan langsung oleh Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas. Sementara Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar tidak bisa hadir saat pengumuman itu karena sedang beribadah haji.

Namun Keputusan PKB mendukung Anies sudah pasti melalui persetujuan Muhaimin.

“Kebetulan kami mengumumkan ini saat Ketua Umum lagi naik haji dan prosesnya baru selesai hari ini,” kata Hasbiallah saat dihubungi Kajianberita.com pada Rabu, 12 Juni 1024.

Ia menyebut tahapan seleksi calon kepala daerah dapat tetap berlangsung meski petinggi PKB, termasuk ketua umum, sedang tidak berada di Indonesia. Hasbiallah menganalogikan keadaan itu seperti sistem pemerintahan.

Hasbiallah enggan membeberkan pesan khusus Muhaimin kepada DPW PKB Jakarta sebelum mengumumkan dukungan kepada Anies tersebut. Ia hanya menyatakan bahwa prosedur dukungan kepada Anies sudah melalui tahapan yang sah di partainya.

“Waktu rapat dijelaskan kepada semua, setiap proses harus dijalankan tanpa kecuali,” kata dia.

Prosedur yang dimaksud Hasbiallah di antaranya pengambilan formulir bakal calon gubernur, uji kelayakan dan kepatuhan, serta rapat di desk pilkada. “Sudah kami jalankan semua,” katanya. “Yang penting prosesnya dari A sampai Z sudah kami lalui semua.”

Rabu siang DPW PKB Jakarta resmi mengumumkan untuk mendukung Anies Baswedan sebagai calon gubernur di pilkada Jakarta. Selain PKB, Partai Keadilan Sejahtera DKI Jakarta lebih dulu mengumumkan untuk mengusung mantan Gubernur Jakarta itu untuk menjadi calon gubernur. Rekomendasi PKS Jakarta terhadap Anies itu sudah diteruskan ke pengurus pusat partainya.

Adapula dukungan dari Nasdem yang sejak awal sudah mendorong Anies kembali maju pada Pilkada DKI Jakarta. Yang mengejutkan, Anies juga berpeluang mendapat dukungan dari PDIP.

Wakil Sekjen PDIP Utut Adianto memuji Anies sebagai sosok nasionalisme yang punya semangat terhadap keberagaman.

Utut Adianto juga memuji Anies sebagai sosok yang mumpuni. Apalagi, kata dia, Anies adalah seorang mantan gubernur dan pernah menjadi calon presiden yang ikut berkontestasi di Pilpres 2024.

Utut pun menilai Anies punya aspek nasionalisme yang tak perlu lagi diragukan.

“Kalau bahasa saya beliau orang yang sangat sudahlah, merah putihnya nggak diragukan,” kata Ketua Fraksi PDIP di DPR RI itu.

Meski begitu, Utut menyampaikan bahwa hingga saat ini PDIP masih mengkaji soal dukungan untuk Anies. Nantinya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan menyampaikan rekomendasi itu secara langsung. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan