Kajianberita.com
Beranda Headline Inilah Profil Agus Fatoni Yang Dilantik Sebagai Pj Gubernur Sumut

Inilah Profil Agus Fatoni Yang Dilantik Sebagai Pj Gubernur Sumut

Agus Fatoni, Pj Gubernur Sumut yang menjabat mulai pekan depan menggantikan Hassanudin.

Mulai pekan depan, Agus Fatoni resmi menjabat sebagai Pj Gubernur Sumatera Utara menggantikan Hassanudin. Sedangkan Hassanudin sendiri akan pindah tugas sebagai Pj Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB). Pelantikan pejabat itu akan berlangsung di Kantor Kemendagri Jakarta, Senin 24 Juni 2024.

Agus Fatoni merupakan seorang birokrat sejati yang lama berkarir di Kementerian Dalam Negeri. Ia lahir di Bahuga, Way Kanan, Lampung pada 6 Juni 1972. Adapun jabatan Agus Fatoni di Kementerian Dalam Negeri adalah sebagai Dirjen Bina Keuangan Daerah. Posisi ini ia pegang sejak 12 Maret 2022.

Agus menyelesaikan pendidikannya dari  Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) pada 1994. Sambil bekerja di Kemendagri, ia melanjutkan sekolah sarjana dan lulus dari Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) Jakarta, lulus tahun 1999.

Agus Fatoni juga menyelesaikan pendidikan Magister (S2) Ilmu Pemerintahan di Universitas Padjadjaran lulus tahun 2003 dan Doktor (S3) Ilmu Pemerintahan di Universitas Padjadjaran, lulus tahun 2009.

Sebagai aparatur sipil negara, karier Agus dimulai dengan menjadi ajudan Gubernur/Kepala Daerah Tingkat I Lampung pada 1995-1997 hingga kemudian bertugas di Kemendagri.

Berikut ini riwayat pendidikan dan jabatan Agus Fatoni:

  • SDN 1 Sukabumi, Bahuga, Kabupaten Waykanan (lulus 1985)
  • SMPN Bahuga, Kabupaten Waykanan (lulus 1988)
  • SMAN 1 Tanjungkarang, Bandar Lampung (lulus 1991)
  • Diploma III Pemerintahan, STPDN Jatinangor (lulus 1994)
  • Sarjana (S1) Kebijakan Pemerintah, IIP Jakarta (lulus 1999)
  • Magister (S2) Ilmu Pemerintahan, Universitas Padjadjaran (lulus 2003)
  • Doktor (S3) Ilmu Pemerintahan, Universitas Padjadjaran (lulus 2009).

Karier:

  • Pj Gubernur Sumut mulai 24 Juni 2024 –
  • Pj Gubernur Sumsel sejak 2 Oktober 2023 – 23 Juni 2024
  • Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri
  • Pjs Gubernur Sulut, 2020
  • Sekretaris Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri
  • Plt. Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama Kemendagri
  • Kepala Staf Pribadi Mendagri
  • Kasubdit DBH Ditjen Keuda Kemendagri
  • Kasubdit DBH Ditjen Keuda Kemendagri

Sukses Memimpin Sumsel

Selama menjabat sebagai Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni cukup banyak menuai prestasi yang membanggakan. Ia berhasil menorehkan prestasi dengan 37 penghargaan yang berhasil dikumpulkan pada periode Oktober 2023-Juni 2024.

Dari jumlah tersebut, 20 penghargaan di antaranya didapatkan Pj Gubernur Agus Fatoni. Sementara itu, untuk penghargaan yang diraih Provinsi Sumsel selama tahun 2023 berjumlah 56 penghargaan.

Adapun penghargaan yang didapatkan Pj Gubernur Agus Fatoni di antaranya Penghargaan Apresiasi Pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim) Tingkat Provinsi 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kemudian penghargaan sebagai Akselerator Entas Stunting dan Kemiskinan Ekstrem dari Tribun Network, serta penghargaan atas komitmen dan kepedulian dalam pengembangan profesi guru dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sumsel.

Pj Gubernur Agus Fatoni juga meraih penghargaan Anugerah Meritokrasi KASN 2023 dengan dua kategori penghargaan, yaitu Kategori Baik dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Selanjutnya Juara Pertama Innovative Government Award (IGA) tahun 2023 dengan Predikat Pemerintah Provinsi Terinovatif, Penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2023 kategori Nilai Tertinggi se-Sumatera dari Kementerian Dalam Negeri.

Ada pula penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia. Berikutnya penghargaan kepada Provinsi Sumatera Selatan masuk kategori zona hijau kategori B (opini kualitas tinggi) dari Ombudsman Sumsel.

Kemudian penghargaan kepada Pemprov Sumsel atas pencapaian memenuhi kelengkapan atribut pada sembilan variabel dari Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Berikutnya penghargaan Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Menteri Hukum dan HAM, serta Penghargaan TOP BUMD Award 2024 atas peran dan kontribusi kepala daerah terhadap kinerja BUMD dari Majalah Top Business.

Lainnya adalah penghargaan Birokrat Peduli Pers dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel, penghargaan kepada Pj Gubernur Agus Fatoni atas kepemimpinannya yang berdedikasi tinggi terhadap pembangunan pemuda dan sosial masyarakat di Sumsel dari Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko ΗMI) Sumatera Bagian Selatan.

Tidak hanya berhasil menorehkan penghargaan di kancah nasional, Pj Gubernur Provinsi Sumsel Agus Fatoni dan Pj Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumsel Tyas Fatoni juga mendapat penghargaan dari tokoh adat Provinsi Sumsel.

Antara lain pemberian gelar adat ‘Suttan Mangku Keresidenan’ dari Lembaga Pembina Adat Kabupaten OKU Timur, pemberian gelar adat ‘Meraje Emban Adat’ dari Ketua Adat Kabupaten Muara Enim, pemberian Gelar Kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung dari Keraton Surakarta Hadiningrat.

Menjadi Pj Gubernur Sumut tentu merupakan tantangan baru bagi Agus Fatoni mengingat karakter Sumut jauh berbeda dengan daerah lainnya. Apalagi Sumut akan menjadi perhatian nasional pada Pilgubsu mendatang karena adanya menantu Presiden Joko Widodo yang akan berkompetisi merebut posisi Gubernur. Semoga Agus Fatoni bisa menjadi gubernur yang netral sehingga tidak terpengaruh pada kepentingan dinasti politik Jokowi untuk Pilgubsu mendatang. (*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan